Selasa, 01 Desember 2015

Perpotongan fungsi linier dan kuadrat 2 garis

Perpotongan fungsi linier dan kuadrat 2 garis



Pengertian

Fungsi Linier atau fungsi berderajat satu ialah fungsi yang pangkat tertinggi dari variabelnya adalah pangkat satu. Sesuai namanya, setiap persamaan linier apabila digambarkan akan menghasilkan sebuah garis lurus.
Bentuk umum persamaan linier adalah :
y = a + bx
dimana a adalah penggal garisnya pada sumbu vertikal y, sedangkan b adalah koefisien arah atau gradien garis yang bersangkutan.
2.2.Pembentukan Persamaan Linier
Sebuah persamaan linier dapat dibentuk melalui beberapa macam cara, tergantung pada data yang tersedia. Berikut ini dicontohkan empat macam cara yang dapat ditempuh untuk membentuk sebuah persamaan linier, masing-masing berdasarkan ketersediaan data yang diketahui. Keempat cara yang dimaksud adalah :
Cara dwi-koordinat
Dari dua buah titik dapat dibentuk sebuah persamaan linier yang memenuhi kedua titik tersebut. Apabila diketahui dua buah titik A dan B dengan koordinat masing-masing (x1,y1) dan (x2,y2),maka rumus persamaan liniernya adalah :


Contoh Soal:
Misalkan diketahui titik A(2,3) dan titik B(6,5), maka persamaan liniernya:


4y -12 = 2x – 4, 4y = 2x+ 8 , y = 2 + 0,5 x
Cara koordinat-lereng
Apabila diketahui sebuah titik A dengan koordinat (x1,y1) dan lereng garisnya b, maka persamaan liniernya adalah :

Contoh Soal :
Andaikan diketahui bahwa titik A(2,3) dan lereng garisnya adalah 0,5 maka persamaan linier yang memenuhi kedua persamaan kedua data ini adalah

Cara penggal-lereng
Sebuah persamaan linier dapat pula dibentuk apabila diketahui penggalnya pada salah satu sumbu (a) dan lereng garis (b) yang memenuhi persamaan tersebut, maka persamaan liniernya adalah :
y=ax+b ; a = penggal, b = lereng
Contoh Soal :
Andaikan penggal dan lereng garis y =f (x) masing-masing adalah 2 dan 0,5, maka persamaan liniernya adalah : y=2+5x
Cara dwi-penggal
Sebuah persamaan linier dapat pula dibentuk apabila diketahui penggal garis pada masing-masing sumbu, yaitu penggal pada sumbu vertikal (ketika x = 0) dan penggal pada sumbu horisontal ( ketika y = 0), maka persamaan liniernya adalah :

; a = penggal vertikal, b = penggal horisontal
Contoh Soal :
Andaikan penggal sebuah garis pada sumbu vertikal dan sumbu horisontal masing-masing 2 dan -4 , maka persamaan liniernya adalah :

2.3.Hubungan Dua garis lurus
Berimpit
Dua garis lurus akan berimpit apabila persamaan garis                                   yang satu merupakan kelipatan dari garis yan lain. Dengan demikian ,
garis akan berimpit dengan garis ,
jika

Sejajar
Dua garis lurus akan sejajar apabila lereng/gradien garis yang satu sama dengan lereng/gradien dari garis yang lain. Dengan demikian , garis akan sejajar dengan garis , jika 

  1. Berpotongan
Dua garis lurus akan berpotongan apabila lereng/gradien garis yang satu tidak sama dengan lereng/gradien dari garis yang lain. Dengan demikian , garishttps://setyonugroho09.files.wordpress.com/2010/03/berpotongan1.jpg akan berpotongan dengan garis https://setyonugroho09.files.wordpress.com/2010/03/sejajar-1.jpg, jikahttps://setyonugroho09.files.wordpress.com/2010/03/berpotongan3.jpg
https://setyonugroho09.files.wordpress.com/2010/03/kurva-berpotongan.jpg
Tegak lurus
Dua garis lurus akan saling tegak lurus apabila lereng/gradien garis yang satu merupakan kebalikan dari lereng/gradien dari garis yang lain dengan tanda yang berlawanan. Dengan demikian , garis https://setyonugroho09.files.wordpress.com/2010/03/berpotongan1.jpgakan tegak lurus dengan garis ,https://setyonugroho09.files.wordpress.com/2010/03/sejajar-1.jpgjika atau
https://setyonugroho09.files.wordpress.com/2010/03/tegaklrs3.jpg
https://setyonugroho09.files.wordpress.com/2010/03/kurva-tegklrs.jpg

. Gambarlah graik fungsi kuadrat y = x2 – 4x – 5
    Jawaban : 
    a. Titik potong sumbu x, y = 0.
         y = x2 – 4x – 5       =>       0 = (x – 5) (x + 1) , x = -1 , 5
         0 = x2 – 4x – 5                   Titik potong sumbu x (-1,0) dan (5,0)
    b. Titik potong sumbu y, x = 0.
         y = x2 – 4x – 5                                                                                      
   Gambar Grafik
 https://bestyaoctaviyanti.files.wordpress.com/2015/11/c73e1-grafik.jpg      
y = (0)2 – 4(0) – 5
         y = -5
        maka titk potong sumbu y adalah (0,-5)
    c. Persamaan sumbu simetri -b/2a
        = -(-4)/2.1
        = 2
    d. Nilai maks/min b2– 4ac /-4a
        = {(-4)2 – 4.1.(-5)} / -4(1)
        = 36/-4
        = -9
    e. Titik puncak {(-b/2a),(b2– 4ac/-4a)} 
        = (2,-9)

1 komentar:

  1. Merkur - Merkur - Merkur Casino Affiliates
    Merkur is a deccasino Swedish online gambling and casino software company worrione that 샌즈카지노 develops, distributes, and licenses the gaming machines for customers from

    BalasHapus